Jurnal Multidisipliner Kapalamada
Vol. 1 No. 04 (2022): JURNAL MULTIDISIPLINER KAPALAMADA

ANALISIS SOAL OPEN ENDED PROBLEM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI

Sofyan, Fuaddilah Ali (Unknown)
Fatiha, Keysha Alea Amanah (Unknown)
Indarissyifa, Lisa Puspita (Unknown)
Fatimatuzzahra, Fatimatuzzahra (Unknown)
Sari, Elya Komala (Unknown)
Juliana, Siti Arbaina (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan berpikir kreatif matematis yang rendah. Pendekatan Open-Ended merupakan salah satu pengembangan yang muncul dari pendekatan pemecahan masalah. Dalam permasalahan tersebut dapat diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Open Ended Problem dimana guru menjadikan permasalahan dalam pembelajaran dapat terselesaikan dengan berbagai macam solusi melalui pemecahan masalah. Kemampuan ini merupakan salah satu faktor eksternal yang berperan penting dalam menentukan hasil belajar siswa. Seperti diketahui bahwa NCTM merekomendasikan bahwa fokus pembelajaran matematika adalah pemecahan masalah. Pemberian Open Ended Problems atau problem terbuka artinya permasalahan dengan pemecahan berbagai cara (flexibility) dan solusinya juga bisa beragam (multi jawab, fluency). Pendekatan ini juga menjadi pemicu untuk mempelajari pendekatan open ended problem.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Kapalamada

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

KAPALAMADA JURNAL MULTIDISIPLINER is a quarterly journal that is published in Maret, Juni, September, and Desember. KAPALAMADA JURNAL MULTIDISIPLINER seeks Review articles, Case reports and original contributions from all areas of: Social Science and Humanities; Life Sciences; Health Science; ...