Pemanfaatan media atau alat bantu dalam aktivitas pembelajaran memiliki peran yang sangat penting agar menghasilkan proses belajar-mengajar yang efektif. Perkembangan TIK yang semakin maju telah melahirkan berbagai inovasi dan terobosan dalam pembuatan dan pengembangan media pembelajaran yang inovatif. Kemajuan TIK telah melahirkan berbagai media pembelajaran yang tidak hanya sekedar menampilkan berbagai macam informasi, akan tetapi juga dimungkinkan untuk memberikan respon ke peserta didik sehingga bersifat interaktif dan menjadi lebih menarik, karena media pembelajaran tersebut mengandung unsur hiburan dan menyenangkan. Pada penelitian ini, kami mengembangkan sebuah multimedia pembelajaran lagu anak yang bersifat interaktif dan menarik. Multimedia pembelajaran ini dikembangkan dengan pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode kuesioner dengan responden anak-anak sekolah dasar digunakan untuk menilai kualitas audio, video dan penyajian informasi. Sebelum memberikan jawaban terhadap pertanyaan pada lembaran kuesioner yang diberikan, responden diwajibkan untuk mencoba dan mengeksplorasi fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi multimedia tersebut. Hasil kuesioner menunjukan bahwa total rata-rata nilai dari responden yaitu 4.48 dengan hasil persentase sebesar 89.6%. Hasil ini menunjukan bahwa multimedia interaktif termasuk dalam skala penilaian “sangat baik”.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023