Proses pembelajaran pada mata pelajaran biologi terdapat kegiatan penelitian, observasi, dan eksperimen. Pada proses pembelajaran biologi membutuhkan aktivitas siswa secara individu maupun berkelompok. Kemampuan ini dikategorikan sebagai kecerdasan interpersonal, yaitu siswa dapat membantu dirinya sendiri dalam berinteraksi dengan temannya. Proses pembelajaran biologi juga membutuhkan aktivitas individu, siswa diharapkan memiliki rasa kepercayaan dirinya dalam kemampuan berpikir untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang ada pada pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar biologi memiliki nilai keeratan?, apakah kepercayaan diri dengan hasil belajar biologi memiliki nilai keeratan?, dan apakah kecerdasan interpersonal, kepercayaan diri, dan hasil belajar biologi memiliki nilai keeratan? Penelitian dilaksanakan di SMAN 42 Jakarta timur dengan jumlah sampel penelitian berjumlah 110 siswa. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Data primer menggunakan kuesioner untuk variabel bebas (kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri), data sekunder berasal dari nilai rapot siswa. Analisis data untuk hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasional Product Moment Pearson. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat nilai keeratan yang sangat dekat dan nyata serta arah yang positif antara kecerdasan interpersonal, kepercayaan diri, dan kombinas keduanya, yaitu kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar biologi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023