Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi rendahnya kemampuan berbicara siswa di kelas 4 SD memiliki manfaat penting dalam memberikan intervensi yang tepat waktu, mengembangkan program pembelajaran yang sesuai, melibatkan orang tua, dan memberikan dukungan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa secara efektif. Pendekatan ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus pada single subjek sebagai metode utama untuk mengidentifikasi kesulitan berbicara pada siswa Kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi pada wawancara individu untuk mendapatkan pengalaman dan persepsi siswa terkait kesulitan berbicara. Dokumentasi gunakan untuk mengumpulkan bahan-bahan pendukung, seperti catatan guru, wawancara kepada siswa dan orang tua siswa. Berdasarkan hasil identifikasi diatas, faktor-faktor seperti rasa takut, kekhawatiran, kurangnya minat atau pemahaman terhadap topik, kecemasan dalam situasi kelompok dan presentasi, gangguan lingkungan, rasa malu, dan kurangnya kepercayaan diri dapat menjadi penyebab kesulitan berbicara siswa kelas V di SD Inpres Pakkolompo. Upaya meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan berbicara dapat dilakukan melalui berbagai strategi seperti persiapan sebelum berbicara, latihan di depan cermin, partisipasi aktif dalam diskusi, dan dukungan dari guru dan lingkungan belajar.
Copyrights © 2023