Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 3 (2023): Volume 09 No. 03 Juli 2023

IDENTIFIKASI KESULITAN BERBICARA SISWA DI SD INPRES PAKKOLOMPO

Zulrifqa Rofiqa Ali (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Irwan Akib (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Rukli (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi rendahnya kemampuan berbicara siswa di kelas 4 SD memiliki manfaat penting dalam memberikan intervensi yang tepat waktu, mengembangkan program pembelajaran yang sesuai, melibatkan orang tua, dan memberikan dukungan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa secara efektif. Pendekatan ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus pada single subjek sebagai metode utama untuk mengidentifikasi kesulitan berbicara pada siswa Kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi pada wawancara individu untuk mendapatkan pengalaman dan persepsi siswa terkait kesulitan berbicara. Dokumentasi gunakan untuk mengumpulkan bahan-bahan pendukung, seperti catatan guru, wawancara kepada siswa dan orang tua siswa. Berdasarkan hasil identifikasi diatas, faktor-faktor seperti rasa takut, kekhawatiran, kurangnya minat atau pemahaman terhadap topik, kecemasan dalam situasi kelompok dan presentasi, gangguan lingkungan, rasa malu, dan kurangnya kepercayaan diri dapat menjadi penyebab kesulitan berbicara siswa kelas V di SD Inpres Pakkolompo. Upaya meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan berbicara dapat dilakukan melalui berbagai strategi seperti persiapan sebelum berbicara, latihan di depan cermin, partisipasi aktif dalam diskusi, dan dukungan dari guru dan lingkungan belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...