Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia
Vol 3 No 1 (2023): Januari-Juni

Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar

Ardiansyah, Ardiansyah (Unknown)
Sagita, Fitri (Unknown)
Juanda, Juanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2023

Abstract

Kurikulum unik (kurikulum merdeka) yang merupakan evolusi dari kurikulum 2013 ini dirancang untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Rancangan pembelajaran sesuai dengan hasil evaluasi di awal, tengah, dan akhir pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penilaian yang biasa digunakan dalam kurikulum mandiri (merdeka). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptifkualitatif melalui pengumpulan data pustaka, pembacaan, pencatatan bahan penelitian dan mengolah bahan belajar. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada berbagai jenis penilaian dalam kurikulum mandiri: penilaian awal pembelajaran atau diagnostik, penilaian formatif, dan penilaian sumatif. Ada dua jenis penilaian diagnostik: penilaian diagnostik kognitif dan penilaian diagnostik non-kognitif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JLPI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia (JLPI) adalah wadah publikasi bagi mahasiswa, guru, dosen, praktisi maupun peneliti pada bidang literasi dan pembelajaran. JLPI menerima tulisan dalam bentuk artikel hasil penelitian maupun artikel review tentang isu yang berkaitan dengan: Literasi Membaca, ...