Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 39 Mataram. Jadi penilitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) dengan bantuan media Puzzle. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 39 Mataram pada semester I (satu) tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Sedangkan objek penelitiannya adalah hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 39 Mataram melalui model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui tes dan observasi. Pengingkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil tes evaluasi belajar peserta didik, keaktifan di dalam kelas serta ketuntasan hasil belajar peserta didik yang meningkat sampai 83,36%. Pada pra tindakan, persentase ketuntasan peserta didik sebesar 27, 27% dengan nilai rata-rata 59,5. Pada siklus I terjadi peningkatan yakni sebesar 54,54% dengan nilai rata-ratanya 70,4. Dan pada tahap siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,65% dengan nilai rata-rata sebesar 85. Karena telah mencapai kriteria ketuntasan yaitu 75% siswa memperoleh nilai sama dengan KKM (75) atau bahkan lebih, maka peneitian ini dikatakan berhasil.
Copyrights © 2023