Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia
Vol 3 No 2 (2023): Juli-Desember

Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Crocodile Mouth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Membandingkan Bilangan Kelas 3 Di SDN 39 Mataram

Oktasya, Ismaya (Unknown)
Istiningsih, Siti (Unknown)
Alpiati, Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2023

Abstract

Dalam pembelajaran membandingkan bilangan pada mata pelajaran matematika, siswa kelas 3 SD Negeri 39 Mataram masih banyak memperoleh nilai di bawah KKM (KKM 75) terutama dalam menyelesaikan soal-soal. Oleh karena itu, perlu suatu upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi membandingkan bilangan yaitu melalui implementasi model pembelajaran Project Based Learning dengan bantuan media pembelajaran crocodile mouth. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas 3 SD Negeri 39 Mataram tahun pelajaran 2023/2024 dalam menyelesaikan soal-soal pada materi membandingkan bilangan melalui implementasi model pembelajaran Project Based Learning dengan bantuan media pembelajaran crocodile mouth. Subyek penelitian adalah siswa kelas 3 SD Negeri 39 Mataram dengan jumlah 26 anak. Data yang dikumpulkan meliputi hasil belajar siswa dan hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Tiap siklus memiliki 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut : 1) Pada proses pelaksanaan pra siklus diperoleh kemampuan peserta didik dalam menjawab soal matematika materi membandingkan bilangan sebanyak 25,9 %. Hal ini disebabkan karena belum menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan berbantuan media pembelajaran crocodile mouth. 2) Perolehan nilai kemampuan menjawab soal matematika dengan materi membandingkan bilangan siklus I yaitu sebesar 59,26%. Hal ini disebabkan sudah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media pembelajaran crocodile mouth. 3) Perolehan nilai kemampuan siklus II yaitu sebesar 96,3%. Hal ini disebabkan sudah diberikan materi dengan pembiasaan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan media pembelajaran crocodile mouth.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JLPI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia (JLPI) adalah wadah publikasi bagi mahasiswa, guru, dosen, praktisi maupun peneliti pada bidang literasi dan pembelajaran. JLPI menerima tulisan dalam bentuk artikel hasil penelitian maupun artikel review tentang isu yang berkaitan dengan: Literasi Membaca, ...