Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model pembelajaran Project Based Learning yang berjumlah 35 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaborasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, Unjuk Kerja dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang di peroleh adalah pada pra siklus didapatkan Kekatifan Belajar siswa berdasarkan indicator berikut: 1) Siswa memperhatikan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru, 2) Siswa berani merespon pertanyaan 3) Siswa berani berani mengajukan pertanyaan 4) Siswa berani mengemukakan pendapat dengan jelas, 5) Siswa mencatat materi pelajaran yang disampaikan oleh guru 6) siswa melakukan diskusi dengan teman kelompok secara aktif. Berdasarkan Frekuensi 105 dengan prsentase pada tahap pra siklus sebesar 50 % dan pada tahap siklus 1 frekuensi sebesaar sebesar 134 dengan presntase 63 % Dan Pada Tahap Siklus II dengan frekuensi 157 dengan prsentase sebesar 75 % dengan kategori Sangat Baik. Serta pada kegiatan menggunakan PJBL yang di lakukan dengan menggunakan hasil pengamatan unjuk kerja berdasarkan proyek yang di hasilkan oleh peserta didik dengan indicator sebagai berikut: 1) Siswa sudah mampu menyiapkan alat dan bahan yang di perlukan untuk membuat produk, 2) Menunjukan keterampilan membuat produk dengan tepat, 3) Kerjasama, dan tanggung jawab kelompok, 4) Menejemen Waktu yang tepat dalam membuat produk, 5) Tulisan Hasil laporan di buat dengan sistematis dan jelas, menjukan kemampuan penulisan yag baik. Berdasarkan hasil frekuensi di tahap pra siklus sebesar 292 dengan prsentase 52 %, serta pada tahap siklus 1 dengan Frekuensi sebesar 292 dengan prsentase 62 %, dan pada tahap siklus II frekuensi sebesar 434 dengan presentase sebesar 78 % dengan kategori sangat Baik (B).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023