Journal of Education for All
Vol 1 No 3 (2023): Juli - September 2023

Pengaruh Metode Card Sort terhadap Keaktifan Siswa Kelas V SD Al-Islam Morowudi Gresik

Tsabitah, Ismi (Unknown)
Febrianto, Priyono Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Pada kelas V siswa SD Al-Islam Morowudi ditemukan kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini karena aktivitas yang diberika guru kurang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk pengaruh metode card sort terhadap keaktifan siswa kelas V SD Al-Islam Morowudi. Pendekatan penelitian telah digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif jenis eksperimen metode quasi eksperimental design teknik non equivalent control grup design. Instrumen lembar observasi terlebih dahulu diuji validitas dan uji reliabilitas untuk digunakan dalam proses pengambilan data. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji t dua sampel independen dengan IBM SPSS 25. Hasil uji hipotesis data ada pengeruh positif kekatifan siswa pada kelas kontrol dan eksperimen sesudah perlakuan, didapatkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan diperoleh 5,127 > 2,015. Sehingga Ho ditolak dan Ha di terima, maka ada perbedaan pada keaktifan siswa. Jika ada perbedaan berarti ada pengaruh. Kesimpulannya adanya pengaruh metode pembelajaran card sort terhadap kekatifan siswa kelas V SD Al-Islam Morowudi Gresik.

Copyrights © 2023