EDUCATE : Journal of Education and Culture
Vol. 1 No. 03: September 2023

Komparasi Pemikiran Pendidikan Islam M. Naquib Al-Attas dan Iismaiil Rajii’ Al-Faruqii: Compariison of Islamic Education of M. Naquiib Al-Attas and Iismail Rajii' Al-Faruqi

Tasurun Amma (Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Sumatera Selatan)
Yusuf Syaikhoni (STAIDA SUMATERA SELATAN)
Ari Setiyanto (STAIDA SUMATERA SELATAN)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Konsep Pendidikan Islam perspektif Muhammad Naquib Al-Attas, bagaimana Konsep Pendidikan Islam perspektif Ismail Raji Al-Faruqi, dan komparasi  Konsep Pendidikan Islam dari keduanya. Peneliitiian diilakukan menggunakan metode liiterature reviiew yang merupakan peneliitiian dengan mengacu beberapa sumber tertuliis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Al-Attas berpendapat pendidikan Islam merupakan pengenalan dan pengakuan, dan Ta’dib sebagai pembinaan sehingga peserta didik menjadi manusia yang unggul intelektual dan spiritual. Raji memunculkan konsep islamisasi ilmu  pendidikan islam hingga dapat memenuhi kebutuhan, memecahkan masalah ilmiah, ideologis. Persamaan keduanya  bahwa ilmu tidak bebas nilai tetapi terikat, ilmu mempunyai tujuan yang sama yang konsepsinya disandarkan pada prinsip metafisika, ontologi, epistemologi dan aksiiologi dengan tauhid sebagai kuncinya. Sementara itu beberapa perbedaan dari keduanya yaitu; ruang lingkup yang perlu diislamkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educate

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Editors accept theory-based and research articles. The scientific scope of this journal includes Education, Socio-cultural Anthropology, Literature, Applied Linguistics, History, Art, Architecture and Urban and Regional Planning, Religion and Philosophy. Articles can come from any of the following ...