Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan media lingkungan sekitar dengan melakukan penelitian tindakan kelas yaitu sebanyak 2 (dua) siklus siklus.Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu:(1) perencanaan (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Tes yang digunakan berbentuk observasi dan wawancara yang berguna untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan siswa dalam membaca setelah berlangsungnya proses tindakan. Pada penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan membandingkan hasil pemahaman sebelum tindakan dengan hasil pemahaman setelah tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media lingkungan sekitar dalam pembelajaran membaca permulaan pelajaran bahasa Indonesia mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas I-A. hal ini dapat dilihat rata-rata nilai pada siklus I, yaitu 76 dan sebanyak 60% siswa tuntas dalam pembelajaran. Dan siklus II, rata-rata nilai mencapai 88,33 dan 100% siswa tuntas dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil perbaikan, tindakan dan hasil pengamatan selama siklus I dan Siklus II, dapat disimpulkan bahwa siswa juga terlihat aktif,antusias selama proses pembelajaran dan lebih mandiri dalam menemukan,menuliskan, dan membaca setiap kata benda yang mereka amati sehingga pembelajaran yang berlangsung menjadi maksimal,dan pengetahuan yang diperoleh siswa juga lebih bermakna. Hal ini mempengaruhi hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa di kelas 1 (satu) yaitu sebanyak 100% siswa berhasil memperoleh nilai di atas KKM.
Copyrights © 2023