Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan rendahnya perencanaan karir siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pati, yang ditandai dengan banyak siswa belum memahami program studi yang ada di perguruan tinggi, siswa masih ragu dengan cita-citanya, siswa masih ragu-ragu dengan minat dan bakat untuk menentukan jurusan perguruan tinggi, siswa belum mempunyai gambaran tentang perencanaan karir, dan siswa belum memahami tentang pekerjaan yang akan diambil. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi memiliki pengaruh terhadap perencanaan karir siswa. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan true-experimental design metode pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 106 siswa, meliputi kelas XII IPS 1, XII IPS 2 dan XII IPS 3. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XII IPS 2 berjumlah 36 siswa yang dipilih secara acak menggunakan Cluster Random Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket, wawancara dan skala psikologis. Uji Paired Sample T test diperoleh hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, sehingga 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terdapat perencananaan karir siswa kelas XII SMA Negeri 3 Pati”.
Copyrights © 2023