RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 2 (2023)

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBANGUN SELF ACCEPTACE MELALUI LAYANAN INFORMASI DI MAN KOTA BINJAI

Siti Rianti Rizki Utami (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Saiful Akhyar Lubis (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Yusuf Hadijaya (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang implementasi manajemen bimbingan dan konseling dalam membangun self acceptance siswa melalui layanan informasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Binjai. Dalam konteks ini, penelitian menggunakan pendekatan kualitatif untuk memberikan gambaran yang mendalam tentang bagaimana manajemen bimbingan dan konseling diimplementasikan untuk membantu siswa memperoleh self acceptance, atau penerimaan diri yang positif. Dalam upaya mendapatkan data yang akurat dan komprehensif, metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi digunakan sebagai alat pengumpulan informasi. Observasi memungkinkan peneliti untuk melihat secara langsung bagaimana layanan informasi dan manajemen bimbingan dan konseling dilaksanakan di lingkungan sekolah. Wawancara dengan para guru bimbingan dan konseling, serta siswa, memberikan pandangan yang berharga tentang perspektif mereka terhadap layanan ini. Sementara itu, studi dokumentasi membantu dalam memperoleh data terkait program-program yang telah dijalankan sebelumnya, serta evaluasi dan dokumentasi hasil dari layanan yang telah diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan implementasi manajemen bimbingan dan konseling dalam membangun self acceptance siswa melalui layanan informasi di MAN Binjai berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari persiapan yang matang dari para guru bimbingan dan konseling dalam merancang program-program layanan yang relevan dan efektif. Mereka menyusun rencana pelaksanaan layanan dengan seksama, memastikan bahwa setiap langkah dijalankan dengan tepat dan terarah. Dalam layanan ini, guru bimbingan dan konseling berperan sebagai pendamping yang peduli, memberikan dukungan emosional, dan memberikan informasi yang relevan untuk membantu siswa meraih self acceptance yang positif. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...