RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 2 (2023)

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DALAM MENINGKATKAN SARANA DAN PRASARANA DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA AL IHSAN MEDAN

Muhammad Yandi Rahman (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Amiruddin Siahaan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Yusuf Hadijaya (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan di MTs Al-Ihsan Medan, kewajiban kepala madrasah dalam Dana Bantuan Operasional Sekolah untuk mengembangan sarana dan prasarana pendidikan di MTs Al-Ihsan Medan, faktor yang mempengaruhi penghambat dan Pendukung dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam menunjang sarana dan prasana pendidikan di MTs Al-Ihsan Medan Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksploratif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah swasta Al- Ihsan Jalan Jemadi No. 18.A. Pulo Brayan Darat-II. Kecamatan Medan Timur 20239. Adapun hasil penelitian hasil penelitian mengenai Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Dalam Meningkatkan Sarana dan Prasarana di MTs Swasta Al-Ihsan Medan yaitu; 1) Pelaksanaan administrasi dana BOS di MTs Al-Ihsan Medan selama masa peredaran dan dana BOS tidak mengalami kendala serta sesuai pedoman khusus BOS untuk Madrasah; 2) Komitmen kepala sekolah pada dana bantuan oprasional Sekolah untuk membina lembaga dan kerangka kerja di MTs Al-Ihsan Medan Kepala Madrasah MTs Al-Ihsan Medan memiliki beberapa hal, yaitu persiapan, koordinasi, perolehan; 3) Pengelolaan dana BOS di MTs Al-Ihsan Medan tidak menemui kendala yang krusial.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...