RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 2 (2023)

PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCA COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs MIFTAHUL AMAL

Aditya Cantika Fauzan (Unknown)
Nadia Rista (Universitas Panca Sakti Bekasi)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Pasca Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Miftahul Amal. Untuk memperoleh data dipergunakan instrumen Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka dalam bentuk kuesioner (Angket). Metode dalam penelitian ini ialah kuantitatif pendekatan deskriptif, dan diambil sampel sebesar 83 siswa kelas VIII MTs Miftahul Amal. Berdasarkan jumlah populasi maka penulis memutuskan untuk menggunakan jenis sampling non-probabilitas menggunakan sampel jenuh. Adapun teknik analisis yaitu regresi linear sederhana yang diolah menggunakan SPSS versi 26 for windows. Pada analisis data diketahui hasil analisis uji koefisien determinasi pada tabel Model Summary, Nilai R-square (koefisien determinasi sebesar 0,146 berarti pengaruh variabel bebas pada variabel terikat sebesar 14,6%. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel efektivitas pengajaran di kelas setelah Covid-19 memiliki pengaruh 14,6% terhadap hasil belajar siswa. Sehingga 85,4% lainnya dipengaruhi oleh indikator lain yang tidak ada pada penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...