Kegiatan pulang kampung yang telah menjadi fenomena sosial yang sering dikenal dalam bahasa Jawa ngoko dengan "Mulih Dilik" menjadi salah satu kebudayaan yang telah mendarah daging di masyarakat Indonesia. Melalui kegiatan ini setiap pemenuhan diri akan ketenangan dan kebahagian jiwa dapat terpenuhi, oleh karena itu kegiatan mudik yang memiliki arti yang terdalam menjadi inspirasi utama dan dikembangkan dalam pengembangan desain produk fashion. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan suatu perjalanan pulang kampung masing-masing individu yang dapat digunakan sebagai pengembangan desain fashion. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan hasil observasi perjalanan panjang pulang kampung dan gambaran emosi perasaan pada perjalanan pulang kampung. Hasil penelitian menunjukan adanya keinginan terbesar yang membawa setiap individu ingin melakukan perjalanan pulang kampung. Hal ini direalisasikan dalam hasil observasi analisa visual dan analisis interpretasi dari emosi perasaan. Kesimpulannya kegiatan pulang "Mulih dilik" memiliki makna mendalam yang dapat dikembangkan menjadi inspirasi perancangan produk ready-to-wear berdasarkan hasil analisa visual yang menghasilkan warna, bentuk, dan textile manupulation.
Copyrights © 2023