Penilaian merupakan proses pegumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Untuk itu, setiap penilaian harus dilakukan secara baik dan tepat. Tulisan ini mencoba mengkaji tentang pengembangan sistem penilaian berstandar nasional yang meliputi pengembangan kisi-kisi soal, teknik penyusunan soal, analisis hasil pembelajaran, dan proses remedial dan pengayaan. Usaha-usaha yang dimaksud terutama yang berkaitan dengan penyusunan dan penafsiran hasil penilaian. Pada umumnya, kegiatan penilaian yang dilakukan dan disusun sendiri oleh guru yang bersangkutan. Oleh karena hasil penilaian itu sangat menentukan keberhasilan belajar siswa. Alat penilaian/evaluasi yang dipergunakan harus dapat dipertanggungjawabkan baik dari segi kelayakan, kesahihan maupun kepercayaannya. Untuk itu, para guru haruslah menguasai teknik penyusunan dan penilaian alat evaluasi serta penafsiran terhadap hasil penilaian yang diperoleh, baik berupa data kuantitatif maupun kualitatif. Â Kata Kunci: Sistem Penilaian Berstandar Nasional
Copyrights © 2014