Oxygenius Journal Of Chemistry Education
Vol 5 No 1 (2023): Oxygenius : Journal of Chemistry Education

Efektivitas Tes Diagnosis Multiple Intellegence Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Tondano

Astri Togatorop (Unknown)
Jenny Kumajas (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas tes diagnosis multiple intelligence terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 1 Tondano. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2022. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes hasil belajar sebanyak 36 butir soal pilihan berganda yang kemudian dianalisis menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain untuk kelas eksperimen adalah sebesar 67% termasuk dalam kategori cukup efektif. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa, rata-rata skor hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen pretest 54.9483 dan posttest 85.3989. hasil pengujian paired sample t-test hasil belajar siswa diperoleh nilai signifikannya yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak atau H1 diterima Ini menunjukkan bahwa pembelajaran multiple Intelligence efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

oxygenius

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Oxygenius Journal Of Chemistry Education is an Indonesian Journal of Chemistry Education presented by the Educational Chemistry Department, Universitas Negeri Manado. The Articles journal published in Oxygenius Journal Of Chemistry Education is free of plagiarism and has never been published by ...