INSIGHT: Indonesian Journal of Social Studies and Humanities
Vol 3, No 2 (2023): INSIGHT: Indonesian Journal Social Studies and Humanities

Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Bahasa Makassar Melalui Media Lingkungan Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sanrobone Kabupaten Takalar

Kembong Daeng (Universitas Negeri Makassar)
Sakina Fitri (Universitas Negeri Makassar)
Nurul Amaliah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2023

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi bahasa Makassar melalui media lingkungan siswa kelas VIII SMPN 1 Sanrobone Kabupaten Takalar. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kuantitatif. Variabel penelitian yaitu kemampuan menulis teks deskripsi bahasa Makassar melalui media lingkungan siswa kelas VIII SMPN 1 Sanrobone Kabupaten Takalar. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII SMPN 1 Sanrobone Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik ter tulis. Teknik analisis data yaitu (1) membuat daftar skor mentah, (2) membuat distribusi frekuensi dan skor rata-rata, (3) membuat table klasifikasi kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMPN 1 Sanrobone Kabupaten Takalar belum mencapai standar pencapaian yang direncanakan 75% dengan kriteria ketuntasa minimal (75 KKM) berdasarkan hasil penelitian terdapat 8 siswa mampu memperoleh nilai ≥75. Berdasarkan kriteria penilaian tingkat kemampuan siswa secara keseluruhan berada pada taraf tidak cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian ternyata siswa yang memperoleh dengan nilai ketuntasan minimal (KKM) terdapat 8 orang dengan persentase 28% dan yang memperoleh nilai di bawah KKM terdapat 21 orang siswa dengan persentase 72%. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis Teks Deskripsi, Siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

insight

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

This Journal publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of Humanities and Social Studies. The journal covered by all topics in: Humanities Social studies Management Education, Teaching Learning And others (within the scope of ...