Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi bahasa Makassar melalui media lingkungan siswa kelas VIII SMPN 1 Sanrobone Kabupaten Takalar. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kuantitatif. Variabel penelitian yaitu kemampuan menulis teks deskripsi bahasa Makassar melalui media lingkungan siswa kelas VIII SMPN 1 Sanrobone Kabupaten Takalar. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII SMPN 1 Sanrobone Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik ter tulis. Teknik analisis data yaitu (1) membuat daftar skor mentah, (2) membuat distribusi frekuensi dan skor rata-rata, (3) membuat table klasifikasi kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMPN 1 Sanrobone Kabupaten Takalar belum mencapai standar pencapaian yang direncanakan 75% dengan kriteria ketuntasa minimal (75 KKM) berdasarkan hasil penelitian terdapat 8 siswa mampu memperoleh nilai ≥75. Berdasarkan kriteria penilaian tingkat kemampuan siswa secara keseluruhan berada pada taraf tidak cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian ternyata siswa yang memperoleh dengan nilai ketuntasan minimal (KKM) terdapat 8 orang dengan persentase 28% dan yang memperoleh nilai di bawah KKM terdapat 21 orang siswa dengan persentase 72%. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis Teks Deskripsi, Siswa.
Copyrights © 2023