Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 1 No. 4 (2023): OKTOBER : JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL

Penerapan Model Inquiry Learning Variasi Pembelajaran Sosial Emosional Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Kelas 2 SDN Srondol Wetan 5 Semarang

Alfian Nurianto Ramadhani (Universitas Negeri Semarang)
Unik Herniati (SDN Srondol Wetan 5 Semarang)
Trimurtini Trimurtini (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Inquiry Learning variasi pembelajaran sosial emosional. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas II SDN Srondol Wetan 05. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan model Inquiry Learning variasi pembelajaran sosial emosional dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I pertemuan 1 sebesar 63% dan pertemuan 2 sebesar 71%, meningkat pada siklus II pertemuan 1 sebesar 82% dan pertemuan 2 sebesar menjadi 87% pada kategori peningkatan “ Sangat Tinggi”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUPENDIS

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk linguistik, sastra, filsafat, psikologi, hukum, pendidikan, sosial dan studi budaya. Jurnal Sosial dan ...