Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Vol 6, No 2 (2023): Juli 2023

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA N 10 KOTA JAMBI

Akbir Wira Yudha (Unknown)
Yulianti Yulianti (Universitas Jambi)
Nelyahardi Gutji (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda memulai atau mengentaskan kegiatan dalam lingkungan akademik. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan munculnya perilaku prokrastinasi akademik, salah satunya adalah penggunaan media sosial. Penggunaan media sosial merupakan suatu bentuk ketergantungan atau keterikatan dalam menggunakan media sosial. Media sosial yang dibahas pada penelitian ini dibatasi pada media sosial tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat dan pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap prokrastinasi akademik siswa di SMA N 10 Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas Fase F SMA Negeri 10 Kota Jambi sebanyak 274 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 53 orang siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket penggunaan media sosial tiktok dan angket prokrastinasi akademik. Data dianalisis menggunakan perhitungan persentase formula C, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kecanduan gadget siswa berada pada tingkat sedang dengan persentase sebesar 59,27%, dan prokrastinasi akademik berada pada tingkat tinggi dengan persentase sebesar 68,13%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui nilai signifikansi 0,025 0,05 dan nilai thitung ttabel atau 2,316 1,674 yang berarti hipotesis penelitian terbukti kebenarannya yaitu terdapat pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri 10 Kota Jambi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

biblio

Publisher

Subject

Education

Description

The Biblio Couns Journal is a scientific journal in the field of Counseling and Education studies. The journal is published in three editions published a year, namely march, july, august. Biblio Couns is published by the Guidance and Counseling Study Program of the Faculty of Teacher Training and ...