PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Vol. 6 No. 1 (2022): Jurnal PINTER

PENERAPAN KONSEP USER EXPERIENCE (UX) PADA DESAIN VISUALISASI DATA MODUL ADMINISTRASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Angrilla Musfaranniss Chanti (Unknown)
Hamidillah Ajie (Unknown)
M. Ficky Duskarnaen (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Pengolahan data mahasiswa jenjang Strata 1 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) belum belum adanya tampilan visualisasi data mahasiswa khusunya untuk modul administrasi. Hal tersebut menimbulkan beberapa masalah seperti sulitnya mendapatkan informasi untuk bahan evaluasi akreditasi, pemaparan profil program studi, penentuan daya tampung, prediksi penerimaan mahasiswa baru, dan rekapitulasi data mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah menampilkan visualisasi data mahasiswa dalam bentuk grafik yang sederhana dan menarik. Desain visualisasi data ini menggunakan konsep User Experience untuk mengembangkan visualisasi yang nyaman dan mudah digunakan oleh pengguna. Perancangan visualisasi data ini dibuat sampai pada tahap evaluasi dengan mengukur usability desain visualisasi kepada calon pengguna. Pengujian usability dilakukan kepada pimpinan UNJ sebanyak 7 orang. Pengujian usability meliputi tiga hal, yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Hasil menunjukkan bahwa dari segi efektivitas sebagian besar task berada diatas rata-rata completion rate, dari segi efisiensi memiliki waktu pemakaian produk yang cukup baik pada sebagian besar task dan dari segi kepuasan menunjukkan hasil baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil pengujian usability, maka visualisasi data ini dapat dikembangkan lebih lanjut untuk digunakan oleh pimpinan UNJ.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pinter

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering Library & Information Science

Description

Bentuk publikasi hasil-hasil riset atau penelitian bidang Metode Pengajaran TIK, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Multi Media, Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknologi ...