PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Vol. 7 No. 1 (2023): Jurnal PINTER

DESAIN DAN PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS BERBASIS SCREENCAST UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI DOSEN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Rival Kurniawan (Unknown)
M. Ficky Duskarnaen (Unknown)
Hamidillah Ajie (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Pandemi virus Corona membatasi kegiatan masyarakat, dan mengubah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sebelumnya Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sudah bekerja sama dengan Microsoft yang mana civitas academica UNJ memiliki akses ke Microsoft 365 yang didalamnya terdapat Microsoft Teams yang memungkinkan mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh. Namun pandemi terjadi ditengah semester 112 dimana dosen belum menyiapkan materi dan teknologi untuk PJJ. Dosen juga belum optimal menggunakan platform PJJ karena baru tahap mencoba – coba dan belum mengekplorasi apa – apa saja yang bisa dilakukan platform PJJ. Sehingga diperlukannya video tutorial untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan dosen terhadap penggunaan Microsoft Teams untuk PJJ. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain dan membuat video tutorial berbasis screencast tentang penggunaan fitur – fitur yang tersedia di Microsoft Teams sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media PJJ secara optimal. Pengembangan video tutorial ini menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther – Sutopo dan prinsip multimedia yang menghasilkan video berdurasi 26 menit. Pengujian kelayakan produk dilakukan oleh tim ahli dan responden mendapat tingkat kelayakan 91% yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Sehingga video dapat dinyatakan sebagai media informasi tutorial yang layak untuk digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pinter

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering Library & Information Science

Description

Bentuk publikasi hasil-hasil riset atau penelitian bidang Metode Pengajaran TIK, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Multi Media, Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknologi ...