Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA)
Vol 4, No 01 (2023): Mei 2023

KONDISI KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA USIA REMAJA KELAS VII SMP IT AR RAIHAN BANDAR LAMPUNG

Romli, Sunaryo (Unknown)
Yustiana, Yusi Riksa (Unknown)
Muslim, Muslim (Unknown)
Rasid, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan menganalisis pembelajaran yang telah dilakukan  mata pelajaran IPA di SMP IT Ar Raihan Bandar Lampung dalam upaya meningkatan keterampilan berpikir kreatif. Metode yang digunakan adalah studi lapangan. Subjek penelitian adalah siswa dan guru di SMP IT Ar Raihan Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kegiatan guru dalam merencanakan, dan melaksanakan proses pembelajaran. Observasi dokumentasi bahan ajar (RPP, silabus dan LKS) dan dokumentasi pelaksanaan pembelajaran. Mengumpulkan pendapat guru dan siswa melalui kuisoner dan wawancara. Melihat hasil tes keterampilan berpikir kreatif siswa setelah penerapan model pembelajaran melalui instrumen tes keterampilan berpikir kreatif. Hasil Observasi menunjukan bahwa kendala utama yang dihadapai guru dalam pembelajaran terutaman dalam hal menerapkan model pembelajaran adalah kurangnya pemahaman guru tentang sintak-sintak model pembelajaran, bahan ajar, media, dan fasilitas penunjang. Secara umum guru dan siswa senang dengan pembelajaran yang menerapkan model-model pembelajaran yang ada, tetapi belum terlalu memberi dampak yang berarti pada peningkatan hasil belajar karena belum optimalnya pelaksanaan sintak-sintak model pembelajaran yang digunakan. Sehingga diperlukan sebuah bahan ajar seperti LKS berbasis model pembelajaran tertentu yang bisa digunakan secara praktis oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP-IPA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam terbitan STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal ini adalah jurnal ilmiah yang dapat diakses terbuka yang menerbitkan artikel hasil konseptual dan hasil penelitian empiris pendidikan IPA ...