Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas 7-7 Madrasah Tsanawiyah Sirnamiskin sebelum menggunakan model pembelajaran Example Non Example, (2) mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas 7-7 Madrasah Tsanawiyah Sirnamiskin dengan menggunakan model Example Non Example, (3) mengetahui hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas 7-7 Madrasah Tsanawiyah Sirnamiskin dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example.Hasil penelitian ini menemukan bahwa hasil belajar belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas 7-7 Madrasah Tsanawiyah Sirnamiskin sebelum menggunakan model pembelajaran Example Non Example masih jauh dari harapan, hal ini dapat dilihat dari nilai individu maupun nilai rata-rata peserta didik masih jauh dari nilai standar kelulusan. Penerapan model pembelajaran Example Non Example dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas 7-7 Madrasah Tsanawiyah Sirnamiskin dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, dimana peserta didik sudah mulai berani mengemukakan pendapat dan berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas 7-7 Madrasah Tsanawiyah Sirnamiskin dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example telah memberi hasil yang positif terhadap peningkatan hasil belajar, hal ini terbukti dari adanya peningkatan hasil belajar dalam setiap siklusnya.
Copyrights © 2021