Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 3 (2023): Agustus

Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 7 Mataram

Indah Suryanda (Universitas Mataram)
Sukardi Sukardi (Universitas Mataram)
Nursaptini Nursaptini (Universitas Mataram)
Ni Made Novi Suryanti (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2023

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini mendorong guru dan dunia pendidikan untuk menyesuaikan serta menciptakan model pembelajaran baru berbasis teknologi. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi merupakan hal penting agar pembelajaran tidak terlalu monoton dan memiliki variasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari apakah model pembelajaran AIR yang menggunakan bantuan aplikasi Quizizz dapat mempengaruhi hasil belajar siswa di SMAN 7 Mataram. Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pilihan ganda yang sudah terpenuhi syarat pengujian instrumen. Data penelitian di analisis secara kuantitatif berupa analisis deskriptif dan parametrik dengan bantuan SPSS 17 for windows karena memenuhi persyaratan analisis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model AIR berbantuan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa di SMAN 7 Mataram dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05 (5%). Adapun hasil uji N-Gain score membuktikan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai kelas kontrol secara keseluruhan, penelitian ini mengindikasi bahwa penerapan model pembelajaran AIR yang didukung oleh aplikasi Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMAN 7 Mataram. Sehingga dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran AIR dengan pendekatan auditory, intellectually, repetition berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sementara aplikasi Quizizz memberikan dukungan interaktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...