Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2023): November

Penerapan Media Audio Aksi dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Kelompok B di TK IT Anak Sholeh Mataram Tahun 2023

Aurelia, Titania (Unknown)
Suarta, I Nyoman (Unknown)
Fahruddin, Fahruddin (Unknown)
Astini, Baik Nilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media audio AKSI   dalam meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara anak kelompok B di TK IT Anak sholeh Mataram. Jenis penelitian yang digunakan, yaitu penelitian tindakan kelas, menggunakan metode observasi dan dokumentasi.  Jumlah subjek pada penelitian ini, 27 anak dan kolaborasi dengan 2 guru.  Berdasarkan hasil analisis data siklus I pertemuan pertama dan kedua menyatakan beberapan tahapan dari penerapan media audio AKSI masih ada yang belum terlaksana dengan maksimal seperti: guru memberikan anak kesempatan dalam mengajukan pertanyaan, guru meminta anak untuk menceritakan kembali isi cerita yang telah didengar oleh anak, guru memberikan anak kesempatan dalam mengungkapkan pendapat mengenai cerita yang telah didengar. Sehingga persentase kemampuan menyimak sejumlah 84% di kriteria baik, kemampuan berbicara sejumlah 64% berada di kriteria baik, sehingga belum mencapai indikator keberhasilan. Peneliti melanjutkan pada siklus II, pertemuan pertama dan kedua mendapatkan hasil bahwa semua tahapan penerapan media audio AKSI sudah terlaksana dengan maksimal, dengan persentase kemampuan menyimak sejumlah 88% berada di kriteria sangat baik, kemampuan berbicara 84% berada di kriteria sangat baik, skor persentase mencapai indikator keberhasilan. Oleh karena itu, penerapan media audio AKSI dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara anak kelompok B di TK IT Anak Sholeh Mataram Tahun 2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...