Interaksi sosial merupakan kemampuan peserta didik dalam membina hubungan atau relasi dengan orang lain.Banyak masalah yang terjadi dikalangan peserta didik terkait dengan kemampuan untuk melakukan interaksisosial seperti banyak peserta didik yang masih belum bisa bekerjasama dengan kawannya, mudah terpancingemosi dengan kawan yang memiliki perbedaan watak dan juga hobi. Rumusan masalah penelitian yaitu apakahpemberian layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik permainan dapat meningkatkan interaksisosial peserta didik kelas X SMA Negeri 04 Kota Metro?. Tujuan dari penelitian yaitu mengetahui efektifitasbimbingan kelompok dengan teknik permainan untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik. Metodepenelitian dilakukan dengan penelitian tindakan layanan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian adalahpeserta didik kelas X SMA Negeri 04 Kota Metro yang berjumlah 10 peserta didik, pengumpulan datadilakukan dengan observasi, dan data dianalisis secara deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkanbahwa pada terjadi peningkatan interaksi sosial peserta didik pada siklus II jika dibandingkan dengan siklus I.Peserta didik yang diberikan layanan bimbingan dan kelompok mulai memiliki kepercayaan diri, dan jugamemiliki pengetahuan cara berinteraksi social dengan teman sebayanya. Berdasarkan hasil penelitian makakesimpulan penelitian adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan dapat meningkatkaninteraksi social peserta didik kelas X SMA Negeri 04 Kota Metro.
Copyrights © 2023