Jambura Edu Biosfer Journal
Vol 5, No 1 (2023): Jambura Edu Biosfer Journal

VALIDASI E-MODUL BERBASIS PENELITIAN HEMATOLOGI Rattus novergicus

Crescentia Mishi Juniorita Ngangi (Universitas Negeri Manado)
Jantje Ngangi (Universitas Negeri Manado)
Emma Mauren Moko (Universitas Negeri Manado)
Herry Maurits Sumampouw (Universitas Negeri Manado)
Meity Neltje Tanor (Universitas Negeri Manado)
Dino Rahardiyan (Universitas Katolik De La Salle Manado)
Livana Dethris Rawung (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2023

Abstract

Pengembangan dan pemanfaatan media sebagai sumber belajar dalam pembelajaran memiliki korelasi yang sangat erat dengan teknologi sehingga perlu untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran. Kehadiran konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka memunculkan paradigma baru dalam dunia pendidikan. Salah satu perubahan berdasarkan kebijakan kurikulum merdeka di sekolah adalah perbaikan RPP yang dikemas dalam bentuk RPP Plus yang dikembangkan dalam bentuk modul pembelajaran yang berisi desain dan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran biologi modul digital (e-modul) berupa RPP plus berbasis penelitian hematologi pada hewan coba Rattus novergicus dalam menunjang implementasi kurikulum merdeka di SMA. Dalam penelitian ini, jenis penelitian RD model Kemp Dayton yang sebelumnya memiliki 9 langkah dirampingkan ke dalam 4 langkah utama, yaitu 1) persiapan, 2) desain, 3) pengembangan dan 4) uji validitas. Pengembangan modul digitak atau e-modul dibatasi pada uji validitas yang melibatkan validator ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi pembelajaran menunjukkan persentase keseluruhan sebesar 89,3% dan 100%. Media pembelajaran yang dikembangkan sangat berkualitas, layak dan tidak perlu direvisi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edubiosfer

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah menyediakan tempat bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel atau artikel ulasan asli. Scoper dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini berhubungan dengan berbagai topik, termasuk: Biologi, Pendidikan Biologi, Genetika, Bioteknologi, ...