Jambura Edu Biosfer Journal
Vol 5, No 2 (2023): Jambura Edu Biosfer Journal

HUBUNGAN POLA KONSUMSI MAKANAN PEDAS DENGAN PENINGKATAN RESIKO DISPEPSIA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS JEMBER

Nadyatul Ilma Indah Savira (Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Jember)
Aditya Kurniawan (Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Jember)
Firli Kusuma Wardaningsih (Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Jember)
Kamalia Fikri (Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Jember)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Dispepsia menempati peringkat keenam keluhan pasien rawat jalan di rumah sakit Indonesia. Adanya kasus dispepsia pada remaja dapat memengaruhi kualitas hidup remaja. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola konsumsi makanan pedas terhadap peningkatan resiko sindrom dispepsia pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jember. Jenis penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada November—Desember 2021. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Analisa data menggunakan uji chi-square (p value 0,05). Hasil penelitian menunjukkan 8 responden (27%) berisiko mengalami dispepsia dan sebanyak 22 responden (73%) tidak berisiko mengalami dispepsia. Sebanyak 22 responden setelah mengonsumsi makanan pedas mengalami begah dan 17 responden mengalami nyeri ulu hati. Hasil uji chi-Square  diperoleh p value sebesar 0,013 sehingga lebih kecil dari α (0,05). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara pola makan pedas dengan peningkatan resiko dispepsia pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jember

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edubiosfer

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah menyediakan tempat bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel atau artikel ulasan asli. Scoper dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini berhubungan dengan berbagai topik, termasuk: Biologi, Pendidikan Biologi, Genetika, Bioteknologi, ...