Etika pergaulan merupakan prinsip dan norma penting yang mengatur interaksi sosial antara individu dalam masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang etika pergaulan siswa kelas XII TKRO (B) SMK Katolik St. Yosef Nenuk Atambua. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan angket etika pergaulan untuk mengumpulkan data, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kecenderungan pusat. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa skor rata-rata etika pergaulan siswa adalah 147,32. Skor tersebut berada dalam rentang 147-180, yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis untuk setiap aspek adalah: aspek respek memiliki skor rata-rata sebesar 60, yang berada dalam rentang 51-60 dan termasuk dalam kategori sangat baik; aspek empati memiliki skor rata-rata sebesar 50, yang berada dalam rentang 39-50 dan termasuk dalam kategori baik; sedangkan aspek kejujuran memiliki skor rata-rata sebesar 46, yang berada dalam rentang 39-50 dan termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tentang gambaran etika pergaulan siswa kelas XII TKRO (B) di SMK Katolik St. Yosef Nenuk Atambua, diperoleh bahwa ketiga aspek etika pergaulan siswa (respek, empati, dan kejujuran) berada dalam kategori sangat baik atau baik. Dengan demikian, diharapkan guru bimbingan dan konseling terus memberikan program layanan bimbingan sosial kepada para siswa agar mereka tetap mempertahankan dan bahkan meningkatkan etika pergaulan di sekolah.
Copyrights © 2023