EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 4 (2023): August

Membaca Kurikulum Merdeka Belajar dalam Perspektif Islam

Nurul Huda (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, Indonesia)
Lusi Oktavia (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, Indonesia)
Putri Jannati (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, Indonesia)
Afifah Rizki (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, Indonesia)
Rusdy Iskandar (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, Indonesia)
Sedya Santosa (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2023

Abstract

Kurikulum merdeka adalah  hasil revisi atau program dari Kemendibudristek karena ketertinggalan Indonesia dari segi pembelajaran akibat adanya pendemi covid 19. Tujuan dari penelitian ini berusaha untuk menggambarkan  relevansi atau keterkaitan antara kurikulum merdeka belajar dengan konsep belajar Islam. Implikasi dari riset ini adalah untuk memberikan penguatan terhadap kurikulum merdeka agar dapat diterapkan dalam setiap jenjang pendidikan. Penelitian kepustakaan dijadikan sebagai metode dalam memperolah data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum merdeka relevan dengan konsep belajar dalam Islam. Relevansi antara kurikulum merdeka belajar dengan konsep belajar Islam yaitu, pertama, sama-sama mengutamakan aspek pemahaman yang mendalam dan komprehensif bagi siswa. Kedua, berfokus pada pengembangan karakter atau sikap siswa. Ketiga, memberikan kebebasan bagi siswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Selain itu juga kurikulum merdeka dan konsep belajar Islam sama-sama menekankan pentingnya literasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...