Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji validitas, dan mendeskripsikan kelayakan bahan ajar modul menulis cerpen dengan metode cerpen-gram untuk siswa kelas XI. Penelitian ini merupakan model penelitian dan pengembangan (R&D) yang disederhanakan menjadi 6 langkah yang ditempuh, yakni (1) penelitian dan pengumpulan data awal, (2) perencanaan (desain), (3) penyusunan bahan ajar, (4) uji validasi ahli, (5) revisi produk, dan (6) uji coba terbatas. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, angket, validasi produk, dan uji coba siswa terbatas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan sangat baik dan sangat layak untuk digunakan berdasarkan hasil validasi dosen ahli, guru, dan uji coba terbatas siswa. Hasil aspek penilaian isi dan penyajian adalah rata-rata 4,51 dengan persentase 90.14% dan dikategorikan “Sangat Baikâ€. Penilaian kelayakan kebahasaan mencapai skor rata-rata 4,49 dengan persentase 89,87% dan dikategorikan “Sangat Baikâ€. Yang terakhir, penilaian kelayakan kegrafikaan mencapai skor rata-rata 4,55 dengan persentase 91,07% dan dikategorikan “Sangat Baikâ€. Setelah diakumulasikan penilaian seluruh bahan ajar mencapai skor rata-rata 4,52 dengan persentase 90,36% dengan kategori “Sangat Baikâ€. Maka bahan ajar dengan judul Modul Ajar Bahasa Indonesia: Menulis Cerpen dengan Metode Cerpen-gram Kelas XI SMA/MA dinyatakan “Sangat Layak†untuk digunakan di dalam pembelajaran. Kata Kunci: bahan ajar, menulis cerpen, metode cerpen-gram
Copyrights © 2023