Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 4 (2023)

Pengaruh Metode Pembelajaran Know, Want, and Learn (KWL) terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Khofifah, Nur (Unknown)
Mustamiroh, Mustamiroh (Unknown)
Haerani, Rosita Putri Rahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar IPS  materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas IV SDN 017 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2022/2023 sebelum dan setelah menggunakan metode pembelajaran Know, Want, and Learn (KWL). Sampel penelitian ini menggunakan siswa kelas IV SDN 017 Sungai Pinang yang berjumlah 56 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasy eksperimental dengan tipe Non-equivalent Control Group Design. Dalam pengumpulan data, instrumen yang digunakan yaitu tes berupa uraian.  Analisis data kuantitatif yang digunakan perhitungan rata-rata nilai pretest, posttest, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan teknik Maan-Whitney dengan bantuan SPSS 20. Hasil analisis data hipotesis menggunakan teknik Maan-Whitney dengan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 56 sebesar 0,000. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan uji Maan-Whitney, jika nilai Asymp.Sig. (2-tailed) < 0,05 maka Hα diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPS materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas IV SDN 017 Sunngai Pinang Tahun Pembelajaran 2022/2023 dengan metode pembelajaran Know, Want, and Learn (KWL).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...