Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KEAKTIFANBELAJAR SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA KEC. SINJAI UTARA KAB. SINJAI

Supriadi Torro (Sosiologi Antropologi / Pendidikan Sosiologi Universitas negeri Makassar Makassar, Indonesia)
Yusriani Yusriani (Sosiologi Antropologi / Pendidikan Sosiologi Universitas negeri Makassar Makassar, Indonesia)
Idham Irwansah Idrus (Sosiologi Antropologi / Pendidikan Sosiologi Universitas negeri Makassar Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Gambaran keaktifan belajar siswa di SMA Kec. Sinjai Utara, 2) Pengaruh kompetensi pedagogic terhadap keaktifan belajar siswa pada kurikulum merdeka di SMA Kec. Sinjai Utara, 3) Pengaruh kompetensi professional terhadap keaktifan belajar siswa pada kurikulum merdeka di SMA Kec. Sinjai Utara, 4) Pengaruh kompetensi pedagogic dan kompetensi professional terhadap keaktifan belajar siswa pada kurikulum merdeka di SMA Kec. Sinjai Utara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, populasi dalam penelitian ini berjumlah 105 orang. Pengambilan besaran sampel ditentukan melalui rumus Slovin, menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dan diperoleh sebanyak 83 orang sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan teknik korelasi Bivariate Pearson dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan teknik statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial melalui aplikasi IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran keaktifan belajar siswa di SMA Kec. Sinjai utara berada pada kategori tinggi, yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata (X) sebesar 78.55%. (2) Terdapat pengaruh kompetensi pedagogic guru terhadap keaktifan belajar siswa pada kurikulum merdeka di SMA Kec. Sinjai Utara. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 3.845 > t tabel sebesar 1,993. Kompetensi pedagogic guru termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 53.42%. (3) Terdapat pengaruh kompetensi profesional guru terhadap keaktifan belajar siswa pada kurikulum merdeka di SMA Kec. Sinjai Utara. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 4.773 > t tabel sebesar 1,993. Kompetensi professional guru termasuk dalam kategori sedang dengan presentase 54.85%. (4) Terdapat pengaruh secara simultan (bersama-sama) kompetensi pedagogic guru dan kompetensi professional guru terhadap keaktifan belajar siswa pada kurikulum merdeka di SMA Kec. Sinjai Utara. Hal ini dibuktikan R Square sebesar 28,2% dan 71,8% dipengaruhi oleh factor lain diluar penelitian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPSU

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi . Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan hasil pengabdian kepada masyarakat dibidang sosiologi yang secara khusus difokuskan ke tema-tema terkait ...