Studi ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bola rahasia untuk kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tanjungpinang. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun, dalam studi ini, para peneliti hanya melakukan pengembangan. Data dari studi ini diperoleh dari validasi ahli media dan ahli materi, yang kemudian diuji pada delapan siswa untuk kelompok kecil dan 26 siswa untuk kelompok besar. Penilaian ahli media dan ahli materi meliputi kelayakan konten, kelayakan bahasa, dan kelayakan presentasi. Hasil penilaian dari ahli media memiliki rata-rata 98% dengan kualifikasi sangat valid, sedangkan hasil penilaian dari ahli materi memiliki rata-rata 82% dengan kualifikasi sangat valid. Dalam studi lembar praktik siswa, kelompok kecil dengan rata-rata 91% memiliki kualifikasi sangat praktis, dan kelompok besar dengan rata-rata 83% memiliki kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan uji validitas dan praktikabilitas media, bola rahasia layak menjadi media pembelajaran dengan kualifikasi yang valid dan praktis yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023