eProceedings of Management
Vol. 10 No. 4 (2023): Agustus 2023

Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UMKM Geprek Jawara Serang

Aldhawi, Naufal Rafi (Unknown)
Irawan, Herry (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Geprek Jawara Serang merupakan UMKM bisnis kuliner. Merambaknya bisnis kuliner di Indonesia terutama padaendemi COVID-19, mendorong pengusaha untuk memperkuat pemasarannya untuk bersaing dengan kompetitor lain.Kualitas pelayanan sebagai keunggulan dalam memenuhi kepuasan pelanggan dan merupakan aspek yang pentingdalam pemasaran. Jika layanan yang diterima pelanggan sesuai dan memenuhi kebutuhan, maka kualitas layanandikategorikan baik dan juga sebaliknya. Semakin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan, maka semakin tinggi pulatingkat kepuasan konsumen dan juga sebaliknya. Oleh karena itu, penelitian dilakukan bertujuan untuk menganalisakualitas layanan menggunakan lima dimensi kualitas layanan pada metode SERVQUAL apakah berdampak positifpada kepuasan pelanggan UMKM Geprek Jawara Serang dan mengetahui dimensi kualitas layanan yang palingberpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online (Google Form) yangdisebar kepada 400 pelanggan UMKM Geprek Jawara Serang sebagai sampel penelitian menggunakan teknik Slovin.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Berdasarkan analisis deskriptif,seluruh variabel kualitas layanan dan variabel kepuasan pelanggan berada dalam kriteria cukup baik dalam melayanipelanggan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa seluruh dimensi kualitas layanan berpengaruh positif terhadapkepuasan pelanggan UMKM Geprek Jawara Serang. Dimensi empati paling berpengaruh terhadap kepuasanpelanggan yang ditandai dengan koefisien regresi paling besar yaitu sebesar 0,420.Kata Kunci-kualitas layanan, metode SERVQUAL, kepuasan pelanggan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...