Ketika suatu entitas bisnis mampu menawarkan nilai lebih (keunggulan) pada konsumen dibanding pesaing makamenghasilkan keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing diraih pada aktivitas dalam suatu industry pasar melaluipenciptaan nilai ekonomi kreatif. Setiap pebisnis menghadirkan keunggulan bersaing diantaranya melaluikreativitas dan inovasi produk. Inovasi produk akan memperluas pasar sehingga inovasi produk telah menjadibagian strategi penting dalam aktivitas bisnis masa depan. Aspek – aspek yang diteliti adalah kreativitas produk,inovasi produk, dan keunggulan bersaing. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Deskriptif. Penelitimenggunakan metode kuantitatif asosiatif, Menggunakan teknik random sampling, responden 49 orang. Teknikpengumpulan data menggunakan kuesioner (menyebar angket kepada konsumen Kinandara), juga menggunakandata hasil observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh 1) Terdapat pengaruh positif variabel kreativitasproduk (X1) terhadap keunggulan bersaing (Y) dengan koefisien determinasi sebesar 46,5%. H01 ditolak, Ha1diterima. 2) Terdapat pengaruh positif variabel Inovasi Produk (X2) terhadap keunggulan bersaing dengankoefisien determinasi sebesar 34,1%. H02 ditolak, Ha2 diterima. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikanvariabel kreativitas produk (X1) dan inovasi produk (X2) secara simultan terhadap keunggulan bersaing dengankoefisien determinasi sebesar 52,2%. H03 ditolak, Ha3 diterima.kata kunci-kreativirtas produk, inovasi produk dan keunggulan bersaing
Copyrights © 2023