Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pengoptimalan proses pembelajaran seharusnya pembelajaran dilakukan dengan menerapkan metode dapat berpengaruh terhadap hasil belajar namun senyatanya guru menggunakan metode konvensional sehingga siswa kurang fokus saat belajar dan berpengaruh terhadap hasil belajar maka peneliti menerapkan metode yang sesuai yaitu metode peer tutoring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran peer tutoring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas 8 MTsN 2 Bengkalis dan untuk mengetahui perbedaan hasil rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran fikih kelas Vlll MTsN 2 Bengkalis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan cara kerja tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini Terdapat pengaruh setelah diterapkannya metode pembelajaran peer tutoring melalui uji hipotesis dimana hasil signifikansi 2 tailed sebesar 0.00 apabila nilai sig 2 tailed < 0.05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan terdapat pengaruh metode pembelajaran peer tutoring, terdapat perbedaan rata-rata yang cukup signifikan dimana kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode peer tutoring memiliki rata-rata 85 sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional memiliki rata-rata 73.
Copyrights © 2024