Penelitian ini mengangkat tema Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui penerapan metode Mind Mapping di kelas VIII dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat. ‘subjek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Mind Mapping pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, dan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Bengkalis. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 orang siswa kelas VIII yang mengikuti pembelajaran Aqidah Akhlak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah melakukan pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan observasi, waawancara, dan dokumentasi, kemudian data tersebut direkapitulasi dan dianalisis. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkalis berada pada kategori Baik, hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi dengan jumlah presentase Ya sebanyak 81,0% dan Tidak sebanyak 18,9%. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukung nya yaitu: menggunakan metode dan media yang menarik, faktor dukugan orangtua, dan faktor penghambat yaitu: konsentrasi siswa dalam belajar kurang, belajar yang monoton tidak bervariasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024