Global Journal Basic Education
Vol 2 No 3 (2023): Agustus

Pengaruh Strategi Stratta terhadap Kemampuan Menulis Percakapan Siswa Kelas IV UPT SD Inpres 6/75 Manurunge Kabupaten Bone

Rukayah, Rukayah (Unknown)
Satriani, Satriani (Unknown)
Amalia, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi Stratta terhadap kemampuan menulis percakapan siswa kelas IV UPT SD Inpres 6/75 Manurunge Kabupaten Bone. Variabel dalam penelitian ini adalah strategi Stratta (variabel bebas), dan kemampuan menulis percakapan (variabel terikat). Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV UPT SD Inpres 6/75 Manurunge berjumlah 43 siswa, dengan teknik sampel jenuh yaitu kelas IVB untuk kelas eksperimen dan kelas IVA untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa data hasil posttets kelas eksperimen dan posttets kelas kontrol menunjukkan 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi Stratta terhadap kemampuan menulis percakapan siswa kelas IV UPT SD Inpres 6/75 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone dilihat dari hasil analisis uji Independent Sample t-Test yaitu thitung (4.032) > ttable (1,8288).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...