Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi Stratta terhadap kemampuan menulis percakapan siswa kelas IV UPT SD Inpres 6/75 Manurunge Kabupaten Bone. Variabel dalam penelitian ini adalah strategi Stratta (variabel bebas), dan kemampuan menulis percakapan (variabel terikat). Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV UPT SD Inpres 6/75 Manurunge berjumlah 43 siswa, dengan teknik sampel jenuh yaitu kelas IVB untuk kelas eksperimen dan kelas IVA untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa data hasil posttets kelas eksperimen dan posttets kelas kontrol menunjukkan 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi Stratta terhadap kemampuan menulis percakapan siswa kelas IV UPT SD Inpres 6/75 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone dilihat dari hasil analisis uji Independent Sample t-Test yaitu thitung (4.032) > ttable (1,8288).
Copyrights © 2023