Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips dalam pembelajaran IPS. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V UPT SD Inpres 6/75 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone sebanyak 46 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 orang. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata pretest 39,55 dan rata-rata posttest 80,45. Respon siswa kelas V SD Inpres 6/75 Manurunge setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 89,05%. Keterlaksanaan pembelajaran IPS dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips di kelas V SD Inpres 6/75 Manurunge berada pada kategori sangat baik dengan skor 92,98.Hasil uji Paired Samples Test menunjukkan bahwa nilai Sig 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan hasil belajar IPS siswa sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips di kelas V UPT SD Inpres 6/75 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking chips efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas di kelas V UPT SD Inpres 6/75 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023