Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 41 Mallari melalui penggunaan media pembelajaran Alphabet Card. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II sebanyak 16 siswa. Rancangan tindakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang dilakukan melalui tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dari 68,75% pada siklus I yang termasuk dalam kualifikasi baik (B) menjadi 93,75% pada siklus II yang termasuk dalam kualifikasi sangat baik (SB). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran Alphabet Card dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 41 Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone.
Copyrights © 2023