Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia
Vol 8, No 3 (2023): VOLUME 8 NUMBER 3 SEPTEMBER 2023

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 3 MANDAU

Darmansyah, Hari - (Unknown)
Ibrahim, Bedriati (Unknown)
Suroyo, Suroyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Media pembelajaran ular tangga merupakan salah satu solusi untuk permasalahan pembelajaran khususnya pembelajaran sejarah yang sering dicap membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ular tangga pada pembelajaran sejarah khususnya pada materi pergerakan nasional Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 3 Mandau. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji secara keseluruhan kelayakan media pembelajaran ular tangga memperoleh persentase 97,14% dari ahli media, 96,67% dari ahli materi, 90% dari ahli soal dan 88,51% dari penilaian siswa dengan kategori keseluruhan “sangat layak”. Selain itu, terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah yang ditandai dengan meningkatnya hasil persentase angket motivasi belajar siswa sesudah menggunakan media pembelajaran ular tangga yang memperoleh persentase 86,78% dengan kategori “sangat baik” dibandingkan sebelum menggunakan media pembelajaran ular tangga yang hanya memperoleh persentase 51,24% dengan kategori “cukup baik”. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah khususnya kelas XI SMAN 3 Mandau.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JurnalPIPSI

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is a Journal in the field of social sciences education: teaching, development, instructional, educational project and innovations, learning methodologies and new technologies in educational and learning and the other issues for social ...