Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pengaruh Pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SD Kelas V

Rofiqoh Rofiqoh (Universitas pendidikan Indonesia)
Erna Suwangsih (Universitas pendidikan Indonesia)
Puji Rahayu (Universitas pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh pembelajaran dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Data penelitian dikumpulkan dari dua kelompok siswa yang masing-masing menerima jenis pembelajaran yang berbeda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan STEM memiliki hasil yang lebih baik dalam kemampuan berpikir kritis dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan STEM secara positif mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dan peneliti untuk mempertimbangkan penggunaan pendekatan STEM dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di tingkat pendidikan dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...