Adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan e-Modul interaktif berbasis problem-based learning pada mata kuliah evaluasi pembelajaran, mengetahui keefektifan penggunaan e-modul interaktif dalam meningkatkan kemandirian belajar, mampu dalam memecahkan masalah serta aktif berkolaborasi antar mahasiswa, kemudian mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan e-modul pada mata kuliah evaluasi pembelajaran. E-modul ini dikembangkan berdasarkan permasalahan yang terjadi di saat proses pembelajaran, bahan ajar yang digunakan masih kurang optimal dan terdapat beberapa materi yang belum sesuai dengan karakteristik mahasiswa dan tujuan pembelajaran. Mahasiswa juga kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan tidak bisa berkolaborasi dalam memecahkan sebuah masalah, sehingga perlu melakukan Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Problem-Based Learning yang relevan dan inovatif untuk membantu mahasiswa lebih mudah memahami materi pembelajaran, aktif dalam proses pembelajaran, mampu memecahkan masalah, dan meningkatkan kemandirian dalam belajar. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan 4-D (Four-D) yang meliputi 4 langkah, yaitu: define, design, develop, disseminate. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Aiken V. Uji validitas dilakukan oleh 4 orang dosen dan 2 orang dosen Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Teknologi Informasi. Hasil analisis angket validitas, praktikalitas dosen dan praktikalitas mahasiswa berturut-turut adalah 0,83; 0,81 dan 0,81 dengan kategori Sangat Tinggi. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa e-modul interaktif berbasis problem-based learning sudah valid dan praktis.
Copyrights © 2023