Latar belakang masalah penelitian yang dilakukan ditemukannya permasalahan pada kelas XI IPA SMA N 4 Pariaman. Berdasarkan hasil observasi bahwasannya motivasi belajar masih dikategorikan rendah dimana hal ini dapat ditunjukkan ketika siswa mengerjakan PR mata pelajaran lain di dalam kelas ketika adanya proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan yang mana untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi dengan hasil belajar matematika dengan memakai model Cycle learning kelas XI IPA SMA N 4 Pariaman 2022/2023. Jenis penelitian berupa eksperiment dengan tipe pra- eksperiment perancangan penelitiannya adalah The Static Group Comparison Design dengan populasinya berjumlah 104 orang yang diambil sampelnya secara acak. Sampel penelitian ini ialah siswa kelas XI IPA 4 sebagai eksperimen & XI IPA 3 sebagai kontrol. Berdasarkan hasil analisis data angket diperoleh ??????? = 2,39 dan ?????? = 1,67. Sedangkan menggunakan SPSS diperoleh ?????? = 0,02 dan Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan uji t diperoleh harga ??????? = 2,58 dan ?????? = 1,67. Sedangkan menggunakan SPSS diperoleh ?????? = 0,04. Karena ??????? > ?????? dan ?????? > ? dengan taraf nyata ?= 0,05 maka tolak H0. Jadi kesimpulannya “Terdapat pengaruh model pembelajaran Cycle Learning terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa XI IPA SMA N 4 Pariaman Tahun Pelajaran 2022/2023”.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023