Pendidikan berkualitas adalah fondasi untuk kemajuan individu dan masyarakat. Di tengah tantangan akses pendidikan yang kerap terkendala faktor finansial, beasiswa menjadi solusi bagi mahasiswa untuk meraih pendidikan tinggi. Namun, ribuan informasi beasiswa tersebar di berbagai platform dan sumber, sehingga sulit bagi siswa untuk menemukan dan mengakses informasi yang relevan. Dalam konteks ini, kemajuan teknologi adalah kunci dalam memberikan solusi yang lebih mudah dan lebih terintegrasi. Salah satu perkembangan media pembelajaran yang saat ini masih baru adalah media pembelajaran menggunakan Augmented Reality. Augmented Reality adalah aplikasi menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk dimensi dua dimensi yang diproyeksikan dalam lingkungan nyata pada saat yang bersamaan. Inovasi teknologi, khususnya di bidang pendidikan, sangat dibutuhkan. Hal ini menjadi kunci untuk menjawab permasalahan Sustainable Development Goals (SDGs) terkait pendidikan berkualitas di Indonesia pada poin 4. Program beasiswa diadakan untuk meringankan beban mahasiswa dalam menempuh masa studi, terutama dari segi biaya. Penggunaan Platform E-learning berbasis AI memberikan pengalaman belajar yang dipersonalisasi dan adaptif. Platform ini memudahkan mahasiswa kurang mampu untuk mencari informasi beasiswa. Memungkinkan siswa untuk kelas menengah ke bawah memiliki kesempatan untuk mencapai pendidikan yang berkualitas. Namun, masalah teknis dan ketersediaan mitra sosialisasi ke daerah-daerah terpencil menjadi sedikit kelemahan dalam pengembangan Platform E-learning Berbasis AI ini. Kelebihan dari platform ini adalah menjadi solusi informasi beasiswa terbuka dan dapat bermitra dengan lembaga pendidikan atau organisasi beasiswa. Adaptasi dan minat pengguna serta solidaritas, tingkat kepercayaan pengguna sangat dibutuhkan dalam hal ini.
Copyrights © 2023