Model pembelajaran secara ceramah pada pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah Bondowoso kurang efektif dan siswa merasa bosan karena pembelajaran yang monoton. Peran seorang guru dalam hal ini sangat penting agar suasana pembelajaran menjadi lebih efektif dan tidak membosankan, sehingga guru PAI SMP Muhammadiyah Bondowoso mengganti model pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL). Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengatahui efektivitas model pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Muhammadiyah Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan jenis penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian untuk melihat bagaimana efektivitas menggunakan metode pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajan PAI kelas VIII di SMP Muhammadiyah Bondowoso yaitu dengan cara melakukan perencanaan persiapan dan penguasaan materi yang akan diajarkan, pemembuatan jadwal akan menggunakan PBL sehingga siswa bisa antusias mengikuti pelajaran. Sedangkan untuk siswa menyiapkan buku paket, siap menjawab problem yang akan diberikan oleh guru. Kedua, pelaksanaan model PBL efektif digunakan karena dapat memberikan semangat dan antusias untuk dapat menyelesaikan masalah dengan cara siswa mengidentifikasi masalah, mengevaluasi dan menciptakan ide. Ketiga tahap evaluasi dapat diukur tingkat keberhasilan dan keefektivannya dengan melihat pemahaman siswa terhadap materi, antusias menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat serta bentuk nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Copyrights © 2023