MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 10 No 3 (2023): September

Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Tema 3 Muatan IPS Melalui Model PJBL di Kelas V Sekolah Dasar

Putri, Rati Syafiana (Unknown)
Erita, Yeni (Unknown)
Sanjaya, Wiwit (Unknown)
Nivetiken, Nivetiken (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2023

Abstract

Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang menawarkan kesempatan untuk belajar sendiri atau dalam kelompok. Pembelajaran di kelas merupakan proses yang mengubah pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran terkait muatan IPS mata pelajaran III di kelas V sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran proyek. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode aktivitas kelas dan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tahapan penelitian adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek terdiri dari guru dan siswa Kelas V SDN 01 Nan Sabaris. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan pembelajaran dengan mata pelajaran 3 muatan yaitu: pada siklus I proporsi pendidik yang berkualifikasi baik 79%, sedangkan pada siklus II 97%. Jika pada siklus 1 tingkat partisipasi peserta didik 79, maka pada siklus 2 meningkat menjadi 100 dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil tersebut terlihat adanya peningkatan dari pelaksanaan siklus I ke siklus II, sehingga hasil yang dicapai lebih baik dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran tematik terpadu.

Copyrights © 2023